Minggu, 20 Maret 2011

JENIS - JENIS PASAR

Jenis-jenis pasar
Pada dasarnya,pasar dapat dibedakan menurut jenis barang yang diperdagangkan,luasnya jaringan distribusi,waktu,dan ada tidaknya tempat transaksi.Berikut ini akan saya bahas satu persatu:

• Menurut jenis barang yang diperdagangkan,pasar dibedakan menjadi:
a. Pasar barang konsumsi,yaitu pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi.contoh : barang kebtuhan sehari-hari (sayur-sayuran,bumbu masak dll)

b. Pasar barang produksi,yaitu pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan faktor-faktor produksi.contoh : mesin produksi

• Menurut luasnya jaringan distribusi,pasar dibedakan menjadi :
a. Pasar setempat
Pasar ini digunakan oleh anggota masyarakat dari wilayah kecil tertentu.

b. Pasar daerah
Pasar ini meliputi suatu daerah tertentu,misalnya pasar kota-kota kabupaten.Misalnya pasar Bringharjo Yogyakarta,pasar Johar Semarang.

c. Pasar nasional 
Pasar ini meliputi wilayah suatu negara tertentu.konsumen barang-barang yang diperdagangkan dalam pasar nasional meliputi seluruh wilayah negara.misalnya,pasar uang dan pasar modal.

d. Pasar internasional
Pasar ini memperjualbelikan barang-barang yang penjual dan pembelinya seluruh dunia.Misalnya pasar tembakau di Bremen (Jerman),pasar kopi di Santos (Brazil)

• Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli,pasar dibedakan menjadi:
a. Pasar harian
Pasar yang berlangsung setiap hari.Barang yang diperjualkan biasanya barang-barang kebutuhan sehari-hari.

b. Pasar mingguan
Pasar yang berlangsung seminggu atau sepekan sekali.Misalnya dibeberapa daerah pedesaan di jawa masih terdapat pasar mingguan seperti pasar wage,pon dan legi.

c. Pasar bulanan
Pasar yang berlangsung sebulan sekali

d. Pasar tahunan
Pasar yang berlangsung setahun sekali.Pasar ini ada yang bersifat nasional bahkan internasional.Misalnya Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan setiap ulang tahunnya kota Jakarta.

• Menurut ada tidaknya tempat transaksi,pasar dibedakan menjadi:
a. Pasar konkret (nyata)
Maksudnya dalam pasar nyata terdapat penjual,pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.

b. Pasar abstrak
Untuk melakukan transaksi jual beli,penjual dan pembeli bisa saja tidak bertemu secara fisik,melainkan hanya berkomunikasi melalui surat,telepon dan dapat juga melalui telegram/facsimile/internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar