Layanan Telematika di bidang Keamanan
Layanan
telematika juga dimanfaatkan pada sector-sektor keamanan seperti yang sudah
dijalankan oleh Polda Jatim yang memanfaatkan TI dalam rangka meningkatkan
pelayanan keamanan terhadap masyarakat. Kira-kira sejak 2007 lalu, membuka
layanan pengaduan atau laporan dari masyarakat melalui SMS dengan kode akses
1120. Selain itu juga telah dilaksanakan sistem online untuk pelayanan di
bidang Lalu Lintas. Polda Jatim memiliki website di
http://www.jatim.polri.go.id, untuk bisa melayani masyarakat melalui internet.
Hingga kini masih terus dikembangkan agar dapat secara maksimal melayani
masyarakat. Bahkan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polda Jatim sudah
banyak memanfaatkan fasilitas website ini dan sangat bermanfaat dalam menangani
kasus-kasus yang sedang terjadi dan lebih mudah dalam memantau setiap perkembangan
kasus atau laporan, baik laporan dari masyarakat maupun laporan internal untuk
Polda Jatim sendiri. Bukan hanya penanganan kasus kejahatan semata, tapi juga
termasuk laporan terkait lalu lintas, intelijen, tindak pidana ringan
(tipiring) di masyarakat, pengamanan untuk pemilu, termasuk laporan bencana
alam. Masyarakat juga bisa menyampaikan uneg-uneg atau opini mengenai perilaku
dan layanan dari aparat kepolisian melalui email atau website .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar