Minggu, 21 November 2010

ASAL-ASUL KORAN

       Koran sudah ada sejak zaman purba,Cuma belum dalam cetakan tetulis! Waktu itu berita masih disampaiakan dari mulut ke mulut. Berita dalam bentuk tertulis baru dimulai pada masa kekaisaran Romawi melalui siaran Acta Diurna yaitu suatu pengumuman resmi untuk masyarakat. Hal seperti ini jugs sudsh dilakukan di Cina pada sekitar abad 7 sebelum Masehi. Banyak orang bilang, inilah asal mula Koran.
      Pada tahun 1440, Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak.


                                                  
    
       Mesin cetak jenis ini, dikemudian hari ditemukan juga untuk menceyak selebaran-selebaran mengenai suatu peristiwa atau pengumuman. Ini juga bisa dianggap koran. Akan tetapi, selebaran-selebaran ini tidak akan terbit secara teratur. Nah, koran cetak pertama yang terbit secara teratur adalah Avisa Relation oder Zeitung, yang terbit pada tanggal 15 Januari 1609 di Augsburg, Jerman (169 tahun setelah penemuan mesin cetak!).
                                                                    

                                                  
         Koran berasal dari bahasa Belanda, courant. Koran pertama di I ndonesia diterbitkan pada masa VOC yaitu Bataviasche Nouvelles en Politique Raisonnementen(Berita dan Penalaran Politik Batavia) yang terbit pertama kali pada tahun 1744. Koran berbahasa Melayu terbit pertama kali pada tahun 1861. Namanya Bintang Soerabaja. Lalu terbit pula Medan Prijaji(1907) yang dipimpin oleh Raden Mas Tirtoadhisoerjo.    


foto: google.com~ 
SUMBER: MAJALAH BOBO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar