Senin, 08 November 2010

KEUNGGULAN VB dan DELPHI

Kelebihan dari Visual Basic:

1. Pengguna dengan dasar pemrograman apapun bisa dengan mudah menggunakan.
2. Ketika kita melakukan instalasi program lain yang mendukung penggunaannya dalam VB, maka komponen dari program tersebut bisa di masukkan dalam daftar komponen VB.
3. Ketika kita melakukan kesalahan penulisan kode, VB secara otomatis membetulkannya dan tidak perlu kita bersusah payah mendeklarasikan komponen ke dalam list code.
           
            Perintah-perintah dalam bahasa VB juga sangat komplit dan di VB kita bisa dengan mudah membuat sebuah program tanpa harus mengetik bahasa program lagi, tetapi cukup mendesign interface/tampilan program dengan VB Editor yang terlah tersedia.
            Yang paling menarik dari VB terutama adalah tersedianya fasilitas ActiveX. ActiveX merupakan program/fasilitas tambahan yang bisa kita masukan/load ke dalam VB sehingga fasilitas dan kemampuan VB bisa terus meningkat.
            Selain itu bila kita ingin membuat tombol, langsung drag saja tombol di toolbox lalu beri code, berbeda dengan software lainnya kita harus membuat code yang panjang hanya untuk membuat tombol saja. Selain itu source code, ocx VB dapat diperoleh di internet sangat banyak.

Bila dibandingkan dengan Delphi
           
Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program.
           
            Kegunaan Delphi yaitu, untuk membuat aplikasi windows, untuk merancang aplikasi program berbasis grafis, untuk membuat program berbasis jaringan (client/server), dan untuk merancang program .Net (berbasis internet).

Kelebihan dari Delphi :
1. Sifatnya freeware
2. Dikembangkan dengan bahasa Pascal, sehingga pagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman turbo Pascal akan lebih familiar.
3. Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap tanpa harus add component dari sumber lain.
4. Dokumentasi cukup lengkap.
           
            IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
            Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuaian lagi.
            Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi. Selian itu Delphi mempunyai database sendiri bawaan Borland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar