Minggu, 21 November 2010

Sepele Tapi Mematikan

      
            Siang hari yang cerah, membuat keadaan siang hari jadi terasa hangat apalagi disertai angin yang berhembus sepoi-sepoi semakin  membuat nyaman pada saat sedang bersantai dirumah. Paling enak memang bersantai-santai seperti, menonton tv, bermain computer, membaca buku, ataupun tidur siang.
           
            Tapi tiba-tiba saja ngiiiiiiiing…..nyit!
Huh… plak! Ternyata ada seekor nyamuk hitam kecil borcorak putih ditubuhnya menusuk kulit dengan jarumnya. Gatal !
           
            Biasanya nyamuk mengigit pada malam hari, tapi nyamuk yang ini beda dan berjenis nyamuk Aedes. Nyamuk Aedes Aegypti dan nyamuk Aedes Albopictus tepatnya. Mereka memang mengigit di siang hari. Bahayanya lagi mereka membawa virus dengue pada tubuhnya.

 
           
            Pada saat nyamuk itu menghisap darah kita, virus ini pindah ketubuh kita. Virus ini yang menjadi penyebab demam berdarah. Demam yang membuat suhu badan tinggi, nyeri ditubuh, pembesaran hati, bintik-bintik merah pada kulit, pendarahan dihidung, gusi, dan saluran pencernaan juga kematian.
           
            Jika tidak cepat-cepat diketahui dan segera diobati, hanya karena disebabkan oleh seekor nyamuk makhluk kecil yang tidak berdaya, ia bisa membunuh manusia !
           
            Dan nyamuk-nyamuk tersebut berada di sekitar kita, ia berkembang biak di genangan air bersih di bak mandi, di vas bunga, di ban dan kaleng bekas, di pecahan gelas, ataupun di genangan air hujan.

     
Nyamuk-nyamuk itu bertelur, lalu menjadi jentik, berubah lagi menjadi kepompong, dan menjadi nyamuk dewasa. Padahal usianya cuma 10 hari.

           

            Jadi jangan biarkan air menggenang terlalu lama. Bersihkan bak mandi selalu. Rajinlah mengganti air di vas bunga. Pendam pecahan gelas, ban, dan kaleng bekas. Jika perlu gunakan bubuk abate atau minta Dinas Kesehatan menyemprot rumah dan halaman dengan malation.
Jadi jangan beri kesempatan nyamuk itu berkembang biak. 




foto: google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar